Rabu, 26 Agustus 2009

KABEL KOAKSIAL DAN FIBER OPTIK

PENGERTIAN

A. KABEL KOAKSIAL


Kabel koaksial merupakan kabel yang terdiri dari dari dua buah kawat konduktor yang pusat intinya berupa kawat tembaga yang dilingkupi oleh sekat yang kemudian dililiti oleh kawat berselaput konduktor. Kabel coaxial mempunyai pengalir tembaga di tengah (centre core). Lapisan plastik (dielectric insulator) yang mengelilingi tembaga berfungsi sebagai penebat di antara tembaga dan “metal shielded“. Kabel koaksial biasanya digunakan untuk tranmisi sinyal berfrekuensi tinggi mulai dari 300 Khz ke atas. Dengan demikian tranmisi yang menggunakan kabel koaksial mempunyai kapasitas kanal yang cukup besar.

Kabel koaksial juga sering dipergunakan dalam jaringan lan terutama topologi Bus, akan tetapi dalam pengunaannya di jaringan LAN kabel koaksial mepunyai keuntungan dan kerugian. Kerugian dalam LAN adalah sulit untuk mengukur apakah kabel yang digunakan matching atau tidak, karena kalau tidak akan merusak NIC sehingga tidak mencapai kemampuan maksimal. Keuntungannya penguatnaya dari repeater tidak sebesar kabel STP dan UTP,Kabel koaksial lebih murah dari fiber optik, dan sudah digunakan selama puluhan tahun dalam kkomunikasi data.


B. JENIS KOAKSIAL


Kabel Koaksial dikenal ada dua jenis yaitu kabel koaksial yang mempunyai diameter yang lumayan besar (Thick coaxcial cable) dan yang mempunyai diameter yang lebih kecil (Thin coaxcial cable).


Thick Coaxcial Cable


Kabel ini mempunyai rata – rata 12 mm, biasanya diberi warna kuning, kabel ini dalam situasi tertentu sering kali dapat sulit diinstal karena ukurannya yang sangat besar dan biayanya pun teramat sangat mahal, sehingga kabel ini hanya dipergunakan untuk kepentingan khusus.


Thin Coaxcial Cable


Kabel ini mempuyai rata – rata 5 mm, biasanya diberi warna hitam atu warna gelap lainnya, kabel jenis ini banyak dipergunakan di radio amatir terutama untuk receiver yang tidak memerlukan output daya yang besar, mudah diinstal sehingga biayanya pun sangat murah.

Walaupun kabel koaksial sukar dipasang, akan tetapi kabel koaksial mepunyai rintangan yang tinggi terhadap gangguan elektromagnetik.


C. KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN KABEL KOAKSIAL


Keunggulan


a.Dapat dipergunakan untuk menyalurkan informasi sampai dengan 900 kanal telpon.

b.Dapat ditanam ditanah sehingga biaya perawatannya rendah.

c.Karena menggunakan penutup isolasi maka kecil kemungkinan terjadi interfere dengan sistem lain.


Kelemahan


a.Mempunyai rendaman yang relatif besar, sehingga untuk hubungan jarak jauh harus menggunakan repeater.

b.Jika kabel dipasang di dalam tabah, rawan terhadap gangguan - gangguan fisiki dapat

mengakibatkan putus hubungan.


A.FIBER OPTIK / SERAT OFTIK


Fiber / Serat oftik merupakan sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia yang dipergunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.

Fiber optik biasanya dipergunakan untuk sitem telekomunikasi serta dalam sitem pencahayaan, sensor, dan optik pencitraan.

Fiber optik terdiri dari tiga bagian yaitu cladding dan core, dan buffer coating. Cladding adalah Materi yang mengelilingi inti yang berfungsi memantulkan kembali cahaya ke dalam inti (core). Core adalah kaca tipis yang merupakan bagian dari inti dari fiber optik yang dimana pengiriman sinar dilakukan.Buffer coating adalah pelastik pelapis yang melindungi fiber dari kerusakan. Cladding mempunyai indeks bias yang sangat rendah di bandingkan core akan memantukkan kembali cahaya yang keluar dari core kembali kecore. Efesiensi dari serat optik di tentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas. Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang di serap oleh fuber optik.


B. JENIS FIBER OPTIK / SERAT OPTIK


Single Mode Fiber

Mempunyai inti yang kecil (berdiameter 0,00035 inch atau 9 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 1300 – 1500 nanometer).


Multi Mode Fiber

Mempunyai inti yang lebih besar(berdiameter 0,0025 atau 62,5 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah(panjang gelombang 850 – 1300 nanometer)


C. KEUNTUNGAN FIBER OPTIK / SERAT OPTIK


Adapun keuntungan dari fiber optik adalah


a. Murah jika di bandingkan dengan kabel tembaga.

b. Lebih tipis mempunyai diameter yang lebih kecil dari pada kabel tembaga.

c. Kapasitas lebih besar.

d. Sinyal degradasi lebih kecil

e. Tidak mudah terbakar : tidak mengalirkan listrik.

f. Fleksibel.

g. Sinyal digital.


PERBEDAAN KABEL KOAKSIAL DENGAN FIBER OPTIK


Kabel Koaksial


a. Merupakan Kabel yang intinya berupa kawat tembaga.

b. Mepunyai kapasitas kanal yang cukup besar.

c. Kecepatan kabel koaksial mencapai 100 Mbps.

d. Mempunyai diameter yang lebih besar.

e. Harganya lumayan cukup mahal.


Fiber Optik


a. Harganya murah.

b. Merupakan sebuah kaca murni yang panjang dan berdiameter sebesar rambut manusia.

c. Dipergunakan untuk mentranmisikan sinyal cahaya.

d. Dipergunakan untuk sistem telokomunikasi.

e. Kapasitasnya besar.



CONTOH KOAKSIAL




CONTOH FIBER OPTIK



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar